MODUL TEKNOLOGI PENGOLAHAN PANGAN PEMBUATAN REMPAH INSTAN JAHE

PENGANTAR
Rempah-rempah berbentuk rhizoma merupakan salah satu bahan konsumsi yang cukup diminati oleh masyarakat. Umumnya bahan-bahan ini dikonsumsi untuk menjaga kondisi kesehatan seseorang atau pengobatan terhadap beberapa penyakit tertentu. Tingginya minat konsumen terhadap produk rempah instan dapat dilihat dari masih tingginya konsumsi minuman-minuman jamu di Indonesia. Selain itu, perubahan pola konsumsi masyarakat yang mengarah pada makanan alami semakin menguatkan peluang produk sejenis ini.
Produk rempah  instan seperti temulawak, jahe, kunyit asam, dan mahkota dewa instan telah lama diproduksi oleh PPK Sampoerna dan UKM Kesiman Jaya sebagai salah satu UKM binaan PPK Sampoerna. Walaupun demikian, produk rempah instan yang diproduksi tidak diposisikan sebagai jamu, melainkan sebagai minuman herbal. Hingga saat ini, produk-produk tersebut dikemas dalam bentuk kemasan botol dengan berat bersih 250 gram.  Permasalahan yang dapat timbul pada kemasan jenis ini adalah kesan “terlalu banyak (bulky)” dalam pembelian produk, selain adanya faktor ketidakpraktisan dalam penyajiannya. Umumnya masyarakat tidak membeli produk herbal instan dalam jumlah yang besar, melainkan dalam kemasan-kemasan kecil dan bersifat praktis.
Kendala seperti tersebut diatas dapat diatasi dengan pemasaran produk yang lebih praktis dalam ukuran yang lebih kecil. Dalam hal ini, kemasan yang tepat adalah bentuk sachet. Dengan kemasan sachet, maka kesan bulky pada produk terdahulu dapat dihilangkan. Kemasan sachet juga relatif bersifat fleksibel dalam pemasaran karena kemasan ini mudah untuk dibuat menarik perhatian konsumen dari segi tampilan.
Berdasarkan hal tersebut, PPK Sampoerna mengajukan program pengembangan produk herbal instan dengan kemasan sachet. Program ini dilaksanakan dengan mengikutsertakan UKM Kesiman Jaya dalam aspek produksinya, sedangkan pengemasan tetap dilakukan di PPK Sampoerna sebagai pemilik mesin sachet.

TUJUAN
Membuat Produk Aneka Herbal Instan Jahe dengan baik dan benar.

Untuk Membaca Artikel selengkapnya bisa download di bawah ini : 

About the Author

Yuk, kenalin Naymitha, si fashionista yang selalu tampil kece dan uptodate tentang trend dalam memilih outfit!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.