MODUL TEKNOLOGI PENGOLAHAN PANGAN (BAKPAO TELO, KLEPON TELO)

PENGANTAR

Bahan pangan lokal seperti ubi jalar ternyata memiliki potensi yang cukup besar untuk diolah menjadi makanan modern dan populer seperti bakpao. Bakpao ubi jalar atau lebih terkenal dengan sebutan bakpao telo ini telah menjadi kuliner khas Jawa Timur, khususnya di Kota Surabaya, Malang dan sekitarnya sejak diproduksi pada tahun 2003 oleh Sentra Pengembangan Agribisnis  Terpadu (SPAT), Pasuruan, JATIM.

Bakpao Telo memiliki tampilan yang unik terutama pada warnanya. Biasanya cemilan khas negeri Cina ini berwarna putih bersih terbuat dari 100 persen tepung terigu dengan isi daging atau kacang merah di dalamnya, tetapi bakpao telo berwarna ungu gelap dan kuning serta berisi sembilan rasa yaitu, coklat, keju, kacang tanah, daging ayam, kornet, strawbery, nanas, kacang hijau. Rasanya sangat gurih, manis dan lembut. Harganya sangat terjangkau hanya Rp 2.000-4.500 per biji.

Seperti umbi-umbian lain, ubi jalar merupakan sumber karbohidrat yang baik. Selain itu juga kaya akan protein, lemak, kalori, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, vitamin B1, B2, C, asam nikoninat, dan antioksidan.


TUJUAN

Membuat Produk Bakpao Telo dan Klepon Telo dengan baik dan benar.






Untuk Lebih Lengkapnya Bisa Anda Download di Bawah ini :

About the Author

Yuk, kenalin Naymitha, si fashionista yang selalu tampil kece dan uptodate tentang trend dalam memilih outfit!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.