PEMBUATAN CABE KERING DAN CABE BUBUK, SAUS ATAU SAMBAL CABE

Admin
Tanaman cabe merupakan salah satu tanaman tropis yang mudah tumbuh di Indonesia sehingga ketersediaannya cukup melimpah. Namun demikian hasil panennya sangat bergantung pada cuaca dan iklim. Seperti halnya yang sedang terjadi sekarang, karena cuaca yang kurang mendukung, hasil panen berkurang, sehingga stok dipasaran terbatas sedangkan kebutuhan masyarakat kita akan cabai cukup tinggi. Pada akhirnya harga cabe pun melambung tinggi. Namun demikian ada kalanya ketersediaan cabe melimpah dipasaran, dengan masa simpan yang relatif cepat, cabe tidak akan bertahan lama dalam kondisi segar. Untuk menyiasati hal tersebut cabe dapat kita olah supaya lebih awet / tahan lama. Pengolahan cabe menjadi cabekering dan cabe bubuk dapat dijadikan peluang usaha yang menjanjikan.
Cabe kering merupakan salah satu produk cabe yang paling mudah pengolahannya. Cabe dijemur atau dikeringkan sampai kadar di bawah 5%. Setelah itu, cabe kering dapat dikemas dan dipasarkan, atau digiling sampai halus menjadi cabe bubuk sebelum dikemas dan dipasarkan. Cabe kering dan cabe bubuk merupakan salah satu komoditi hasil pertanian yang dapat diekspor, atau dipasok ke industri besar pengolahan. Cabe kering bubuk dapat diolah menjadi berbagai produk pangan seperti saus, sambal, atau bumbu lainnya.

Dalam pengolahannya lebih lanjut, cabe dapat dikeringkan dengan cara tradisional dengan ataupun dengan peralatan yag lebih modern. Cara traditional mempunyai kelemahan waktu yang cukup lama dan tergantung cuaca, dengan alat pengering buatan waktu pengerjaanya relatif lebih cepat dan terkotrol.

lebih lengkapnya bisa download disini
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.