BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH

Admin
Jamur terdiri dari bermacam-macam jenis, ada yang  merugikan dan ada yang menguntungkan bagi kehidupan manusia. Jamur  yang merugikan antara lain karena bersifat patogen yaitu dapat menyebabkan penyakit pada manusia, hewan, maupun  tumbuhan . diantara jamur yang menguntungkan manusia misalnya : penicillium yang menghasilkan antibiotik penisilin, jamur-jamur yang berperan dalam proses fermantasi makanan seperti kecap, tempe, tape, tauco dan lain-lain. Bahkan banyak  jenis jamur  yang dapat dikonsumsi (dimakan ) antara lain jamur kuping, jamur  tiram, jamur shiitake , jamur agaricus (campignon)dan jamur merang.
          Dewasa ini budidaya jamur(Mushrooming the mushroom) yang dapat dimakan telah banyak dilakukan orang yaitu dengan menggunakan limbah pertanian sebagai media tumbuhnya. Budidaya jamur yang dapat dimakan (edible mushroom) merupakan salah satu cara mengatasi kekurangan pangan dan gizi serta menganekaragamkan pola konsumsi pangan rakyat. Dari analisa menunjukkan  bahwa kandungan mineral jamur lebih tinggi dari pada gading sapidan domba, bahkan hampir dua kali lipat jumlah garam mineral dalam sayuran. Jumlah proteinnya dua kali lipat protein asparagus, kol, kentang dan empat kali lipat dari pada tomat dan wortel serta enam kali lipat dari pada jeruk. Selain itu jamur juga mengandung zat besi, tembaga, kalium dan kapur, kaya vitamin B dan D, sejumlah enzim tripsin yang berperan sangat penting pada proses pencernaan, kalor dan kolesterolnya rendah.
Beberapa keuntungan budidaya jamur yaitu:

  1. Melalui pemanfaatan bahn-bahn limbah disekitar kita akan menjadikan lingkungan kita bersih, indah dan sehat.
  2. Budidaya jamur dapat diusahakan tanpa mengunakan lahan yang luas.
  3. Produk jamur dapat dimanfaatkan untuk menambah gizi atau menu serta dapat menambah pendapatan keluarga.
  4. Kompos bekas media tanam dapat langsung digunakan untuk pupuk kolam ikan, makanan ikan dan untuk memelihara cacing.



Lebih lengkapnya bisa download disini
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.